Sunday, July 8, 2012

Cara mengatasi flek hitam di wajah

Semua wanita mendambakan kulit wajah yang bersih, bebas dari jerawat maupun flek hitam. Namun salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita Asia, terutama yang berusia di atas 30 tahun, adalah timbulnya bintik hitam atau flek di wajah.

Pigmentasi kulit atau melasma, bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, terutama di daerah wajah, akibat paparan sinar mataharidan bertambahnya usia..

Selain sinar matahari, melasma juga dapat terjadi akibat pemakaian obat hormonal, misalnya obat pencegah kehamilan. Flek juga dapat timbul akibat bekas adanya jerawat, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan.

Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat, pun dapat membuat wajah terserang flek. Karena bila digunakan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

Disini akan sedikit mengulas apa itu flek:
Flek wajah merupakan bercak berwarna coklat atau hitam di daerah muka.Flek ini memiliki bentuk dan ukuran kecil hingga besar.Bentuk flek besar di sebut MELASMA,sementara yang kecil disebut FRECKLES atau EPHILIDES.

Flek tidak hanya menempel pada wajah tapi pad bagian tubuh yang lainya,seperti punggung dan dada seseorang.Meskipun secara medis flek tidak membahayakan namun flek dapan menimbulkan gejala psikologis yang serius.Bagi beberapa perempuan memiliki flek di wajah sama artinya mendapat kutukan kecil.Bisa demikian sebab perempuan pada umumnya menginginkan dirinya selalu tampil
cantik dan menawan .Timbulnya flek di wajah,meskipun sedikit,akan mengurangi kepercayaan dirinya.Mereka merasa tidak nyaman dengan penampilannya,dan sebisa mungkin mengenyahkan flek seperti dengan terapi kulit atau sekedar menutupnya dengan make-up yang tebal.

Ada 4 hal yang harus di perhatikan dalam mendeteksi gejala timbulnya flek hitam.Pertama ,adanya warna kulit wajah yang tidak merata akibat produksi pigmen dari sel melanosit pada bagian tersebut berlebihan.Kedua,perhatikan apa saja yang menjadi pemicu sel melanosit menjadi berlebihan.Perhatikan apakah anda menggunakan tabir surya,sering berada di ruang polusi udara ,mengunakan obat oral kontraseptik,ada permasalahan dengan hormon,atau sedang hamil ,suka memasak tanpa pelindung yang dapat menangkal panas,pernah melakukan pengelupasan kulit yang tidak aman,misalnya dengan produk yang mengandung asam retinoid,laser,dan sebagaianya.Ketiga,adanya penebalan tau penumpukan sel-sel mati di permukaan kulit (stratum corneum).Dan keempat,permasalahan hormonal,seperti ketidakseimbangan hormon oestrogen.

Sedangkan faktor penyebab munculnya flek,diantaranya adalah perubahan hormon ,bisa disebabkan karena kehamilan,atau penggunaan kontrasepsi,pengobtan jangka panjang,seperti menggunakan obat antibiotik,obat anti epilepsi,dan anti peradangan,pola hidup yang tidak sehat seperti merokok,dan sering keluar malam, terkena sinar matahari langsung,faktor keturunan(beberapa orang pada masa dewasa mmempunyai bakat untuk timbul flek coklat pada wajahnya),dan pemakaian kosmetik yang tidak tepat seperti krim perubahan mercury, asam salicylic.

Cara mengatasi flek hitam di wajah
bisa coba degan cara alami, seperti:
bisa dicoba pake minyak zaitun, minyak zaitun dioleskan ke seluruh wajah. dipake pas mau tdur mlm , (minyak zaitun memiliki antioksidan dan kadar vitamin E yg tinggi, yg dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat/flek hitam bekas jerawatdll. jika pemakaian teratur setiap hari. hasilnya akan maksimal)
>pake masker bengkoang yg dipercaya dapat menghilangkan flek hitam. selain itu jg dapat memutihkan dan mencerahkan kulit

kalo buat ngilangin bekas jerawatnya, bisa coba pake madu, caranya madu dipanasin sampe mendidih, trus di diemin 3-5mnit (sampe suhu jadi anget) trus olesin di area bekas jerawat dan diemin 15-20mnit.. lakukan stiap malem sblum tdur...

oia ada juga tips untuk menghindari bekas jerawat:
1. Jangan pegang atau memencet jerawat
2. Banyak minum air putih
3. Konsumsi buah dan sayuran yg kaya antioksidan
4. Kompes jerawat dgn es batu selama 30-60 detik untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa nyeri

No comments:

Post a Comment

Post a Comment